Belajar Daring Di Masa Pandemi

Belajar Daring Di Masa Pandemi – Sleman – Bukan cerita baru lagi bahwa dunia pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan. Sejak krisis Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, semua aktivitas manusia berubah. Saat ini pembelajaran daring menjadi solusi yang dinilai bermanfaat untuk mensosialisasikan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di semua jenjang pendidikan.

Jika prinsip penggunaan metode pembelajaran daring diikuti, maka tidak lepas dari tujuan utamanya yaitu mengutamakan kesehatan dan keselamatan siswa, guru dan masyarakat luas, tanpa merusak atau menghentikan kegiatan belajar mengajar.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Atau laptop sebagai perangkat pendukung. Melalui alat tersebut, siswa dapat mengakses berbagai aplikasi online yang digunakan untuk belajar. Kemudian berkolaborasi dengan guru dan teman untuk mengunduh tugas dan mengumpulkan tugas.

Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19

Namun jika bercermin dari realita yang ada, masyarakat tidak akan menikmati fasilitas tersebut secara bersamaan, terutama yang berada di pelosok. Koneksi internet sangat sulit diakses, bahkan materi pendukung pun tidak bisa disediakan oleh orang tua siswa. Seperti yang telah banyak diberitakan di media, siswa menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan akses ke Internet untuk belajar secara online.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Dikutip dari Tribunjogja.com, Jumat (18/09/2020), salah satu siswa SMK Gunung Kidul setiap hari harus naik gunung untuk mendapatkan sinyal agar bisa mengikuti pembelajaran daring. Kisah lainnya adalah perjuangan mahasiswa di Desa Marmoyo, Jombang, Jawa Timur yang harus ke kantor desa setempat untuk mendapatkan internet gratis. Kisah yang sama tidak hanya terjadi di dua tempat ini. Tentunya banyak kejadian serupa yang dialami oleh pelajar Indonesia di masa wabah ini, terutama di daerah “3 T” (kurang berkembang, jauh dari perbatasan).

Beberapa bulan terakhir, inilah gambaran pendidikan di Indonesia saat wabah. Pelaksanaan PJJ (pembelajaran jarak jauh) sudah berlangsung selama enam bulan terhitung sejak Maret 2020. Tentunya situasi ini diharapkan tidak berlangsung lama, karena penting untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. .

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Bantuan Kuota Mempercepat Pembelajaran Daring

Jika Anda melihatnya dari perspektif lain, ada lebih dari keterbatasan perubahan gaya belajar ini. Ada juga sisi positifnya, yaitu kreativitas. Semangat kreatif ini berasal dari para pendidik, siswa dan instansi pemerintah. Pemangku kepentingan bekerja secara bersamaan untuk menciptakan solusi inovatif yang efisien, menyenangkan, dan terbukti dengan cara ini.

Misalnya, tidak sedikit pendidik yang akhirnya membuat materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk video yang menarik. Bagaimana dengan 205 guru di kota Tangerang yang mampu membuat 750 video pengajaran online dalam waktu tujuh minggu. Pendidik berasal dari berbagai jenjang yaitu PAUD, TK, SD, dan SMP. Dimana mereka membuat video pembelajaran online berdasarkan kebutuhan siswa, yang dapat diakses melalui aplikasi Tangerang LIVE.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Di bawah Tangerang, 27 guru di Kabupaten Sleman juga telah membuat video edukasi online dengan sekitar 27 topik untuk tahun ajaran 2020/2021. pada semester ganjil tahun ini, khususnya bagi siswa sekolah dasar. Video presentasi dialihkan ke kurikulum yang ada dan dirilis 19 Agustus lalu melalui akun Youtube Sleman Sembad.

Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19

Di sisi lain, pemerintah juga turut berperan dengan meluncurkan program Belajar di Rumah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April hingga Juli 2020. Program ini pertama kali diumumkan pada 13 April 2020 di TVRI. anak muda. Seperti yang dijelaskan Kemendikbud dalam situs resminya, program “Belajar di Rumah” TVRI sarat dengan berbagai program pendidikan untuk jenjang pendidikan anak-anak mulai dari pendidikan prasekolah hingga pendidikan menengah. Program ini tidak hanya untuk siswa, tetapi juga menyiarkan rekomendasi untuk orang tua dan guru, serta program budaya setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Sehubungan dengan itu, mengutip pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadim Makarim pada Jumat (18/09/2020) di situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berbunyi: Dikbud ingin memastikan bahwa di masa yang sangat sulit ini ada berbagai cara untuk belajar di rumah, salah satunya dengan menggunakan televisi. dana terbatas untuk kuota atau pulsa internet, pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah,” ujarnya saat konferensi.

Tak hanya itu, belakangan ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga disibukkan dengan program barunya untuk membantu pelajar Indonesia belajar daring. Setelah sekian lama terjadi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan banyaknya keluhan dari masyarakat yang mengeluhkan beratnya beban kuota online. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, Kemendikbud mengalokasikan uang internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Ini juga banyak dibahas dalam laporan media.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Inovasi Guru Mengajar Yang Kreatif Dan Menyenangkan Diperlukan Siswa Selama Belajar Dari Rumah

Kini, tidak dapat dipungkiri bahwa pada awal pengenalannya, masyarakat lebih berupaya untuk dapat beradaptasi dengan cara-cara baru tersebut. Efek dari masalah itu pasti ada. Terlebih lagi karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut diperlukan kerjasama yang baik antara semua pihak, tidak hanya mencoba melihat sisi negatif dari solusi yang diajukan. Di tengah merebaknya virus Covid-19 yang sudah sampai di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak para pelajar untuk menggunakan media pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Langkah ini diambil untuk mendukung 15 protokol kajian Covid-19 yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Selain itu, saat ini Presiden Joko Widodo telah mengimbau siswa untuk belajar di rumah. Untuk itu, program pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk belajar dan mengajar berkelanjutan (TLA) meskipun dilakukan di rumah.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Aplikasi pertama yang bisa digunakan saat belajar di rumah adalah aplikasi Rumah Pendidikan yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Alat ini memiliki banyak fitur seperti bahan pembelajaran, peta budaya, ruang kelas digital, buku elektronik (BSE), laboratorium virtual, ruang eksplorasi ruang angkasa, bank soal, kegiatan bahasa dan artikel.

Tantangan Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19

Fitur ini disediakan untuk membantu siswa belajar secara digital secara gratis. Untuk mengakses Rumah Belajar dapat mengunjungi thelearning.kemdikbud.go.id. Itu juga dapat diakses melalui aplikasi Android yang diunduh dari PlayStore.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Seperti yang diumumkan dalam pengumuman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penyelenggaraan sistem pembelajaran daring ini juga didukung oleh mitra dari organisasi swasta. Semua platform ini tersedia untuk umum dan gratis. Alat-alat ini meliputi:

Dengan didukungnya permohonan ini, diharapkan para siswa dapat tetap belajar meskipun dalam masa pandemi Covid-19. Karena sesuai jargon Rumah Belajar, Belajar kapan saja, dimana saja. (M Fikri Fikri)

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19

Tidak dapat dipungkiri bahwa disrupsi teknologi menyebabkan perubahan sistemik yang cepat dalam pendidikan yang perlu disikapi secara strategis. Ia dapat menghadapi…

Berikut daftar pemenang Kihajar Awards Night 2021: KIHAJAR STEM 2021 Dutar Rumah Belajar 2021 Best MembaTIK 2021 Best Augmented Reality Daftar Pemenang Game Edukasi Terbaik…Saat ini para pelajar dan mahasiswa di Indonesia sedang menghadapi situasi saat merebaknya wabah virus corona . Semua pihak diminta untuk belajar di rumah.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Sekolah dan perguruan tinggi menerapkan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online. Penjatahan ditawarkan secara online dengan berbagai aplikasi yang tersedia.

Analisis Pembelajaran Daring Di Sd 2 Tenggeles Mejobo Kudus Pada Masa Pandemi Covid 19

Namun, belajar di rumah tidaklah mudah. Homeschooling penuh dengan tantangan, seperti tiduran, nonton TV, dan lainnya.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

1. Sediakan tempat belajar yang baik Sebagian besar dari kita lebih suka belajar sambil berbaring di tempat tidur. Berbaring di tempat tidur memang nyaman, tetapi istirahat itu menenangkan. Belajar sambil berbaring di tempat tidur dapat menyebabkan badan pegal-pegal dan mengganggu konsentrasi. Anda bahkan bisa tertidur saat belajar. Pilih tempat untuk belajar. Pastikan kursi memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk diduduki. Sediakan juga meja yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi dari tempat Anda duduk. 2. Berikan bahan belajar Jika Anda terbiasa meminjam bahan belajar dari teman, maka siapkan sendiri bahan-bahan tersebut. Alat bantu belajar dapat membuat belajar lebih mudah.

3. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik Untuk mempersiapkan semua materi pembelajaran, hal lain yang harus Anda perhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan guru dan tutor selama belajar dari rumah.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Menggugah Kreativitas Mahasiswa Dalam Membuat Video Presentasi Daring Di Masa Pandemi Covid 19

Tidak perlu menginstal internet di rumah. Anda dapat mengakses internet menggunakan ponsel Anda. Selain itu, pastikan penyedia layanan telepon Anda menjangkau area tempat tinggal Anda.

4. Sediakan cemilan Kegiatan belajar akan menguras energi Anda. Meskipun secara fisik Anda tidak banyak bergerak, belajar itu melelahkan karena Anda berpikir. Agar tetap semangat dan tidak lelah saat belajar, sediakan snack secukupnya. Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan makanan berkalori tinggi lainnya. 5. Hindari hal-hal yang membuat Anda kehilangan fokus Masuk ke dalam rumah tentu tidak akan lepas dari gangguan yang membuat Anda kehilangan fokus. Gangguan dapat disebabkan oleh TV, game, atau smartphone. Rumah adalah tempat kedamaian dan relaksasi, sehingga dapat mengganggu konsentrasi belajar Anda. Selama ini, batasi kemungkinan melakukan hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari belajar di rumah. 6. Pastikan banyak lampu di kamarmu, agar mata dan kepalamu tidak bingung, perhatikan lampu tempat belajarmu. Jangan biarkan ruangan Anda memiliki pencahayaan yang buruk karena dapat merusak mata Anda dan menyebabkan pusing.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

Selain itu, belajar di lingkungan yang remang-remang atau sering gelap akan membuat Anda malas. Mata Anda akan bekerja keras untuk melihat, sehingga pada akhirnya mata Anda akan lelah dan Anda akan cepat tertidur.

Keseruan Dosen Dan Mahasiswa Dengan Belajar Dari Rumah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Saat Belajar di Rumah, Ini 6 Tips Ciptakan Suasana Belajar yang Baik”, klik baca: https://edukasi.kompas.com/ read/2020/04/ 01 /160325671/belajar -di -home-with-6-tips-to-create-a-fun-learning-atmosphere?page=all.

Belajar Daring Di Masa Pandemi

SMK PUI Jatibarang merupakan salah satu SMK di Indramayu yang berdiri pada tahun 1987 dan berlokasi di Jalan Letnan Joni No. 19 Jatibarang. SMK PUI Jatibarang awalnya bernama STM PUI Jatibarang dan jurusan pertamanya adalah Teknik Otomotif dan sekarang memiliki 3 program profesi. Program Spesialis Teknik Otomotif, Program Spesialis Teknik Sepeda Motor, Program Spesialis Teknik Komputer dan Internet dan Sekolah Vokasi Rekomendasi Terbaik Tahun 2019 Pelatihan Online Ditawarkan adalah jurusan.

Peluang di masa pandemi, belajar efektif di masa pandemi, investasi di masa pandemi, belajar online di masa pandemi, umkm di masa pandemi, pendidikan di masa pandemi, pembelajaran daring pada masa pandemi, bisnis di masa pandemi, kesehatan di masa pandemi, usaha di masa pandemi, kuliah daring di masa pandemi, belajar di masa pandemi